FORTUNE FACTORY

stay in your magic

Saturday, January 7, 2017

Bagaimana pengertian Ar rahman dn Ar rahim

PENGERTIAN ASMAUL HUSNA AR RAHMAN DAN AR RAHIM ADALAH?

Islam itu indah. 


Nama - nama baik Allah ada 99 nama dan kali ini saya akan membahas pengertian dari ar rahman dan ar rahim.

Pengertian Ar Rahman

Ar Rahman,  berasal dari (bahasa Arab: الرحمن) ar rahman memiliki arti kata Maha Pengasih maksudnya yaitu Allah SWT selalu memberi karunia kepada hambanya di dunia maupun kepada hambanya yang ingkar dan taat. contohnya memberi udara yang bersih untuk bernafas dan air untuk kehidupan.
  • Akar kata Ar Rahman
Ar Rahmaan apabila di bagi dalam tulisan Arab menajadi Alif Lam Ra Ha Mim Nun, Ke enam huruf Hijaiyyah ini apabila kita teliti dalam Al Qur'an merupakan Ismun Jami', yaitu Alif Lam Ra, Ha Mim dan Nun. Ar Rahmaan adalah sejenis ism 'alam, karena tidak ada yang menyandang sifat itu selain Allah ta'ala. Mengapakah kita bersikeras memahami bahwa Ar Rahmaan hanya 'pengasih di dunia saja'? Lalu bagaimana di akherat? Begitu banyak penjelasan dari Al Qur'an yang begitu jelas, mengapakah hati kita susah menerimanya? Bila dikatakan Iman kepada Kitab-Kibat Allah ta'ala tentu akan segera mengimani bahwa Ar Rahmaan adalah yang memiliki nikmat besar dari dunia hingga akhirat. Rahmat, Nikmat, karunia yang terkandung dalam asma Ar Rahmaan itu pasti mencakup, meliputi dari dunia hingga akhirat. (lihat hikmah, rahasia pemahaman asma Ar Rahmaan dalam Al Qur'an).


Ar Rahmaan ini tidak mempunyai akar kata dalam bahasa Arab, dan dianggap baru oleh kaum musyrikin. Dengan alasan :

QS Al Furqaan : 60, " Dan apabila diperintahkan kepada mereka, 'Sujudlah kepada Ar Rahmaan', mereka akan bertanya, 'Siapakah Ar Rahmaan itu? Apakah kami bersujud kepada sesuatu yang engkau perintahkan kepada kami?'. Perintah ini menambah mereka menjauh dari keimanan". Hikmah dan keagunan Al Qur'an menggunakan kata atau asma Ar Rahmaan tentu bukannya tidak ada maksud yang ditujukan kepada kaum yang berakal dan kaun yang memahami serta mentadaburi hikmah rahasia yang tersembunyi.Ketika Terjadi perjanjian Hudaibiyah, orang musyrik tidak mengerti kata Rahmaan sementara Ar Rohiim telah diketahui artinya oleh mereka. (Semakin menambah bukti keistimewaan Asma Ar Rahmaan, bahwa asama Ar Rahmaan ini tidak diketahui oleh orang musyrik seperti halnya Ilmu akan Iman dan Islam belum atau tidak dipahami oleh orang-orang yang musryik, oleh karena itu sebaiknyalah kita menghisab diri segera kembali kepada Alloh Ar Rahmaan dengan sebenar-benarnya pemahaman).Asma Ar Rahmaan dianggap asma baru bagi kaum musyrikin, tentu saja membawa makna yang sangat khusus sehingga diharapkan bagi yang memahami serta mengamalkan asma ini tidak digolongkan kepada kaum musyrik.

  • Pengertian Ar Rahim

Bentuk Ar-Rahim (kasih sayang) Allah SWT diciptakan agar dijadikan landasan hidup setiap orang, sehingga terwujudnya masyarakat yang penuh damai. Hilangnya perasaan kasih sayang yang kemudian diganti oleh pertikaian menjadikan dunia ini penuh malapetaka. Kalau dunia diisi hanya oleh perbuatan biadab dan menafikan nilai Ar-Rahim, jika yang terjadi demikian, kelak Allah SWT menurunkan peringatan: "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS.30:41).


Sangat penting untuk menciptakan perasaan kasih sayang agar terhindar dari malapetaka yang diturunkan oleh Allah SWT hanya karena ulah segelintir manusia. Karena pandangan itulah, Allah SWT menegaskan perlu ditekankan kondisi kasih sayang seperti firman Nya: "Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi kasih sayang mereka, kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaanNya." (QS.48:29).

Makna kebahasaan Ar-Rahim

Kata Ar-Rahim memiliki akar kata yang sama dengan Ar-Rahman. Perbedaannya adalah pada tekanan makna. Ar-Rahman hanya disandang oleh Allah, sedangkan Ar-Rahim dapat juga dimiliki oleh manusia. Ar rahim yaitu maha Penyayang Maksudnya Allah SWT memiliki sifat penyayang kepada hambanya yang taat untuk di akhirat nanti yaitu dengan memberikan surga kepada hambanya yang taat dan sholeh. 

Para ulama umumnya membedakan Ar-Rahim dengan Ar-Rahman sebagai berikut:
  • Ar-Rahman adalah Pengasih di dunia, sedangkan Ar-Rahim adalah penyayang di akhirat
  • Ar-Rahman adalah pengasih kepada semua makhluk, sedangkan Ar-Rahim hanya kepada yang beriman.
  • Ar-Rahman adalah Pengasih dengan satu kasih sayang, sedangkan Ar-Rahim adalah Pengasih dengan seratus kasih sayang.

Berdasarkan ketiga perbedaan ini, kasih yang terkandung dalam sifat Ar-Rahim, jauh lebih luas dan lebih besar daripada yang dikandung sifat  Ar-Rahman. Namun sifat Ar-Rahim hanya tercurah kepada orang yang beriman. Curahan ke-Rahiman-an Allah jauh lebih melimpah ketika orang yang beriman tadi berada dalam kehidupan akhirat. Karenanya, untuk memperoleh limpahan curahan kasih sayang ini, Allah memerintahkan kita untuk memperoleh limpahan curahan kasih sayang ini, Allah memerintahkan kita untuk bertaubat dari segala perbuatan yang dilarang-Nya dan kembali istiqomah di jalan-Nya.


"Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampun kepada Allah, niscaya dia akan mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".


Allah juga menganugerahi manusia dengan sifat kasih sayang. Kasih sayang ini seperti yang ditunjukan seorang Ibu kepada anaknya. Kasih sayang seorang ibu adalah model paling ideal yang dapat diteladani oleh anak-anak Adam. Sebab tidak ada kasih sayang makhluk lainnya yang mampu melebihi kasih sayang seorang ibu, termasuk kasih sayang dari seorang ayah. Meski demikian, betapa pun besarnya kasih sayang manusia, semua itu tak ada apa-apanya dibandingkan kasih sayang Allah.

Pemahaman Ar Rahman dan Ar Rahim

Dalam asma Ar Rahmaan ada 4 hal yang menjadi indikator bahwa sesuatu dapat digolongkan menteladani Ar Rahmaan atau tidak yaitu :
  • Ilmu
  • Akal
  • Iman
  • Islam
Dalam pemaknaan Ar Rahmaan adalah sebuah nama/asma kepada Dzat yang memiliki nikmat panjang atau nikmat besar. Sementara nikmat besar atau nikmat pajang adalah siapa saja yang diterapan ilmu dan akal dipergunakan untuk mengamalkan iman dan islam maka termasuk nikmat panjang atau nikmat besar langgeng/ abadi dari dunia hingga akhirat Dengan menggunakan 4 unsur di atas diketahui pula bahwa Ar Rahiim adalah sebuah nama/asma kepada Dzat yang memiliki nikmat pendek atau nikmat kecil yang hanya sebatas kehidupan di dunia saja. Ciri nikmat kecil atau nikmat pendek adalah siapa saja yang diterapan ilmu dan akal akan tetapi ilmu dan akalnya tidak dipergunakan untuk mengamalkan iman dan islam, jadi kesenangannya hanya sebatas di dunia saja.

Dengan pemaknaan Ar Rahmaan dan Ar Rahiim seperti di atas maka sangat jelaslah kontras mana-mana yang mendapatkan nikmat panjang/ besar dan mana-mana yang mendapatkan nikmat kecil. Oleh karena itu dalam Bismillaahir rohmaanir rohiim benar bila dikatakan merupakan inti dari Al-Quran, sebab seharusnya hanya dengan Bismillaahir rohmaanir rohiim dapat menjelaskan secara global dan jelas dari kehidupan dunia hingga akhirat.





2 comments:

  1. Arrokhmaan = Sang RokhmaTOR = Pemberi Kasih Sayang (rokhmat); Arrohiim = Sang RokhamaWAN= Sangat dermawan dalam memberi kasih sayang (rokhmat).

    ReplyDelete